31 Oktober 2009

Efek Dzikir dan Membaca Al Quran

Seorang syaikh sufi ditanya oleh seorang Raja,

Raja : " masa iya, hanya dengan mengulang ulang menyebut nama Allah dihati dapat MEMPENGARUHI JIWA sehingga menjadi Ridho bahkan berjumpa dengan Allah ? Coba jelaskan wahai Syaikh "

Syaikh terdiam sejenak, lalu berkata,Syaikh : "Wahai engkau saja sangat bodoh, tidak pantas kiranya engkau menjadi raja, sungguh merugi rakyat yang engkau pimpin, alangkah tidak pantas engkau duduk disinggasana itu "

Wajah sang Raja langsung merah padam, saking menahan marahnya sehingga dia tidak dapat berkata apa-apa, sang raja hanya dapat berdiri sambil matanya melotot, urat2 lehernya keluar semua, tangannya menuding2, tapi mulutnya tidak mengeluarkan kata-kata saking murkanya.

Syaikh sufi itu berkata dengan arif dan tenang : " maafkan saya Tuan Raja, tadi saya hanya memberi contoh dan membuktikan kepada tuan Raja. Baru kata kata dari dunia manusia biasa saja bisa sangat MEMPENGARUHI JIWA tuan Raja, APALAGI sebuah kata yang mewakili NAMA dari RABB penguasa semesta alam, yang DIA sendiri menyebut DIRINYA dengan nama itu yaitu A L L A H. !!!! Bisa tuan Raja bayangkan efeknya kepada jiwa manusia yang sangat bergantung kepada RABB nya. "

Dari cerita diatas dapat kita petik hikmah dan kebenarannya ( kalau tidak percaya, kita ingat2 saja kalau kita sedang dikata-katain dengan kata2 yang sangat merendahkan bagaimana jiwa kita menerimanya), yakinlah bahwa bentuk bacaan wirid dan bacaan sholat, terlebih bacaan AlQuran dan Zikir Allah..Allah.. Dihati sangatlah memberikan atsar bagi jiwa kita, sehingga dapat BERSERAH DIRI (muslimun) dan SELAMAT (islam) "sampai" kepada ALLAH. Mendapatkan Ridho dan ampunannya.. Amin

1 komentar:

  1. sangat menggugah mas Pri...
    mohon maaf mas Pri, bukan saya merendahkan njenengan, boleh diceritakan sedikit pengalamannya ttg ini mas
    Buat mentriger diri & memberikan hujah pada fikiranku yg angkuh ini
    japri saja mas, ke senterled@gmail.com

    BalasHapus